MAHARAJA SINGSINGAMANGARAJA KE IX


SEJARAH KETURUNAN  KERAJAAN  SRIWIJAYA / KETURUNAN PRABU WIJAYA (SANGHIANGNAGA/MAHARAJA SINGSINGAMANGARAJA KE IX ) DI SUMATERA

Palembang,( kbn lipanri )

a. Kerajaan melayu dan ekspedisi pamalayu

Kerajaan melayu mulai dikenal dan tercantum didalam sejarah tiongkok  pada tahun 644 m  , karena pada tahun tersebut malayu mengirimkan utusannya sambil membawa hasil buminya ke negeri cina . kerajaan ini pernah ditaklukan oleh kerajaan sriwijaya pada tahun 700 m. setelah sriwijaya mengalami masa kemundurannya pada sekitar abad ke 12 , kerajaan melayu mulai bangkit kembali ( pada tahun 1178  malayu diperintah oleh seorang raja bernama  Srimat Trailokiaraja Maulibusana Warmadewa dengan tun telanai sebagai maha senopatinya).


 
Belum begitu lama mengalami kebangkitannya setelah kemunduran Sriwijaya, kerajaan Singasari pada saat itu diperintah oleh prabu kartanegara memerintah dari tahun 1268 M sampai 1292 M , menyerang kerajaan malayu pada tahun 1275 M serta menjadikannya sebagai bagian dari daerah nusantara dari tahun  1275 M sampai 1249 m (andon maring malayu ( serang kerajaan Melayu ). Perintah kartanegara tatkala memberangkatkan pasukannya di pelabuhan tuban). Penaklukan kerajaan melayu oleh singasari ini dilaksanakan dalam satu ekspedisi yang dikenal dengan ekspedisi pamalayu  dipimpin oleh kebo anabrang. Raja ini sangat terkenal dengan politik ekspansinya menaklukan jawa tengah dan bali pada tahun1284 m.


Setelah berhasil menaklukan kerajaan malayu , ekspedisi ini kembali kejawa sekitar tahun 1294 m sementara prabu kartanegara telah tewas sewaktu pemberontakan oleh Jayakatwang adipati Kediri pada tahun 1292 m. setelah wafatnya prabu kartanegara , singasari berada dibawah kekuasaan Jaya Katwang, dengan demikian hilanglah nama kerajaan singasari.


Melalui beberapa peristiwa dan upaya yang dilakukan oleh raden wijaya  ( Prabu  Buana ) , kemenakan dan menantu Prabu Kartanegara  ,sebagai pengganti kerajaan singasari ( Prabu Siliwangi )berdirilah kerajaan majapahit tepatnya berdiri sekitar  1294  yang kemudian berhasil pula menaklukan jayaktwang. Raden wijaya( Prabu Buana ) adalah pendiri dan raja pertama kerajaan majapahit dari tahun 1294 m sampai 1309 m dengan nama kerthajasa jayawardhana.


Ekspedisi pamalayu yang telah kembali saat berdirinya kerajaan majapahit, kembali dengan keberhasilan menaklukan malayu dan membaewa pula dua orang puteri malayu bernama dara petak dan dara jingga ( menurut buku pararaton) kedua puteri malayutersebut diperistri oleh raja dan seorang pembesar kerajaan majapahit . dari kedua puteri inilah lahir pemimpin dan pembesar kenamaan yaitu jayanegara dan adityawarman.
b. Jaya Negara dan Adityawarman
Dara petak  diperistri oleh Raden wijaya dan setelah menjadi istri raden wijaya diberi nama Inderaswari. Dari perkawinan mereka lahirlah putra yang diberi nama kalagemet nama kecil prabu Jayanegara yang selanjutnya menggantikan Raden Wijaya sebagai raja Kedua majapahit.


Pada masa jayanegara untuk pertama kalinya pulau jawa didatangi oleh bangsa barat. Tercatat pada tahun 1321 M , Odorico de Pardenone seorang paderi berkebangsaan portugis mendarat ditanah jawa. Pada tahun 1323 M ia diberi gelarSsri Sundapamdewadiswara. Prabu jayanegara wafat pada tahun 1328 M , abunyab ditempatkan disyila petak dan bubat dalam wujud wisnu dan di sukalila dalam wujud Amoghasidi.


Sedangkan dara jingga diperistri oleh seorang pembesar kerajaan majapahit bernama Adwayawarman. Setelah diperistri adwayawarman dan dalam keadaan hamil dara jingga kembali ke malayu ( Jambi) dan melahirkan seorang anak bernama Adityawarman yang nama kecilnya Ajimantrolot.


Kemudian adityawarman dibesarkan dan dididik dalam keraton majapahit . pada tahun 1325 M adityawarma diutus ke China sebagai duta kerajaaan majapahit pada waktu itu diperintah prabu jayanegara dan pada tahun1333 M kembali diutus kesana di zaman Ratu Tribuanatunggadewi. Pada tahun 1334 M, Adityawarman memangku jabatan yang tinggi di keratin majapahit, disebut dengan Werdhamantri dengan gelar arya Dewa Raja pu Aditya. Adityawarman juga dikenal sebagai panglima perang sadeng. Selanjutnya pada tahun 1347 m adityawarman berada dimalayu daerah asal ibundanya , menggantikan Raja Maulimarwadewa  srimat tribuana raja mauliwarmadewa yang memerintah kerajaan Malayu 1286-1347 m).  dan dinobatkan sebagai Maharaja  dengan Gelar  Sisingamangaraja I ( Raja Manguntal di Tano batak ). Diraja bukan saja untuk kerajaan Melayu di jambi juga berlaku untuk seluruh Sumatera kedudukannya saat itu dinamakan dengan raja swarna bhumi. Prasasti2 adityawarman kebanyakan dapat ditemui  di daerah sumatera barat tepatnya  disungai langsat dan rambahan. Daerah inilah yang dituju adityawarman sebagai sasaran perluasaan sayap kerajaannya ke barat dan kemudian dijadikannya sebagai inti kerajaan melayu. Adityawarman memilih tempat ini karena dengan perhitungan letaknya yang strategis untuk perdagangan disini juga terdapat jalan menuju Palembang, Jambi dan riau.( limber sinaga )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JEJAK KERAJAAN KUTAI

Presiden Jokowi Berharap Pendamping Desa Sumut Bangun SDM Desa

Satu Abad Surat Kabar Sumut